Kamis, 03 November 2011

Mencari Figur Menteri Ideal


Mencari sosok menteri  yang ideal di jaman sekarang memang susah. Semakin tinggi jabatan akan semakin kencang godaannya. Kalau kita lihat sikap para calon meteri ketika di tunjuk menjadi menteri  memang berfariasi. Banyak yang justru merasa bahagia. Kebahagiaan yang tampak selalu berbeda dengan apa yang yang terpikir dalam otak. Bisa jadi mereka akan berpikir mendapatkan fasilitas yang mewah, kemana-mana ada pengawal, nama mereka jadi di kenal dan sikap negatif lainnya.
Sesungguhnya sikap seperti itu adalah sikap abnormal atau tidak normal. Menteri yang normal adalah yang siap melayani masyarakat dan tidak memperlihatkan kehidupan mewahnya. Mereka harus menjadi figur yang sederhana tetapi memiliki etos kerja yang tinggi.
Saat ini sosok Dahlan Iskan seperti menjadi figur yang ideal menjadi menteri. Beliau saat ini sedang di ekspos karena kinerjanya yang bagus dan gaya hidupnya yang sederhana. Saat di PLN beliau membuat kebijakan yang bisa mengefektifkan kinerja bawahannya. Hal ini layak untuk di apresiasi karena gaya kepemimipinan seperti inilah yang bisa mempercepat perbaikan Indonesia menjadi lebih baik.
Semoga menteri-menteri yang lain bisa mengambil contoh seperti Dahlan Iskan. Meski tidak harus sama persis paling tidak ada model yang pas menjadi pejabat negara yang sesuguhnya yang tidak gila harta dan panggkat. Sosok tokoh pemimpin seperti beliau   dalam sejarah islam seperti seorang khalifah Umar bin Abdul Azis yang tidak menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi. Semoga ini semua menjadi pelajaran buat kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar