Kamis, 20 November 2014

Mempelajari Pengaturan Metering

Metering dalam dunia fotografi sering di artikan mengukur kapasitas kondisi cahaya.Penguasaan teknik Metering sangatlah penting,karena mempermudah kita untuk menentukan setingan ekposure yang tepat.Ada 3 jenis macam setingan Metering dalam kamera digital, Matrix , Center Wide dan Spot.Jika kita sering menggunakan mode setingan Aperture Priority , Speed Priority dan Program Priority, Metering akan sepenuhnya memiliki peranan penting dalam menentukan setingan Exposure.Mari kita pelajari  macam  macam setingan Metering….

1 MATRIX (atau dikenal juga sebagai Average atau Evaluative)
matrix-metering
Sensor kamera membaca kondisi cahaya sekitar dengan radius 90% dari jendela bidik (frame),setingan jenis ini sangat cocok untuk memotret kondisi outdoor.
2 CENTER WIDE
centerwide-metering
Sensor kamera membaca kondisi cahaya sekitar dengan mentitik beratkan 40% dari jendela bidik(frame),sangat tepat untuk memotret kondisi indoor.
3 SPOT METERING
spot-metering
Sensor kamera membaca kondisi cahaya dengan menitik beratkan 10% dari jendelan bidik(frame),sangat cocok untuk pemotretan kondisi low light dan back light.
Dari jaman fotografi film sudah tercipta alat untuk mengukur kapasitas cahaya yaitu LightMeter. Alat ini sangat penting,karena dapat menentukan setingan eksposure yang tepat mulai dari Shutter Speed , Diafragma dan ISO(  ASA pada roll film).
lightmeter
Semoga bermanfaat….
sumber : http://belajarfoto.wahyuproject.com/mempelajari-pengaturan-metering/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar