Kamis, 20 November 2014

Mempelajari Fungsi Iso Speed

ISO speed berfungi untuk mengontrol kepekaan sensor kamera terhadap kondisi cahaya sekitar. Pengaturan ISO yang lebih tinggi membuat sensor kamera semakin peka terhadap cahaya sehingga kita dapat menghasilkan sebuah foto di tempat gelap/remang.ISO adalah singkatan dari “International Organisation for Standardisation” suatu badan yang menentukan standar internasional.Dalam fotografi digital, ISO speed digunakan untuk mengindikasikan kepekaan sensor CMOS terhadap cahaya.Semakin rendah ISO Speed yang kita gunakan,semakin kuat/pekat kualitas foto yang di hasilkan mulai dari kualitas warna,ketajaman foto dan kualitas resolusi.Di bawah ini saya akan memberi beberapa contoh foto dengan setingan ISO rendah dan foto setingan ISO tinggi
iso-rendah-nikon-d5100
*keterangan foto ( ISO 200 / F 2.8 / Speed 1/200 )
Foto diatas mengunakan ISO rendah karena kondisi cahaya masih terang (sore).Dengan menggunakan ISO rendah saya memiliki keunggulan tersendiri,yaitu kualitas foto lebih baik yang meliputi kualitas warna,ketajaman dan resolusi untuk di cetak besar.Semakin rendah ISO yang kita gunakan,semakin bagus kualitas foto yang kita hasilkan.


high-iso-3200-nikon-d5100
*keterangan foto ( Iso 3200 / F 1.8 / Speed 1/80 )
Dalam foto ini saya menggunakan iso tinggi karena kondisi cahaya yang remang remang, saya maksimalkan diafragma lensa hingga F 1.8 (Lensa Nikon AFS 35m F1.8) dan tetap menjaga kecepatan shutter di angka 1/80 agar foto tidak goyang (shake).Secara teknis foto ini berhasil,namun dengan menggunakan setingan ISO terlalu tinggi menimbulkan efek Noise dan detail foto terlihat kurang tajam.
Sekarang teknologi semakin canggih,hampir semua kamera keluaran terbaru memilikin kualitas sensor bagus dan mampu merekam dalam kondisi remang remang ( low light).Yang perlu kita perhatikan adalah batas maksimal ISO kamera kita,karena beda seri kamera beda pula kemampuan menangkap objek dalam ruang gelap/remang.


ISO tidak hanya berguna untuk membuat foto menjadi lebih terang,tetapi juga membantu kita untuk mengangkap objek yang bergerak cepat.Dalam fotografi olahraga dan fotografi birding (memotret burung) pasti selalu menggunakan setingan HighSpeed. Karena objek yang difoto bergerak sangat cepat,maka di perlukan setingan shutter speed yang lebih cepat dari objek agar mendapatkan foto Freeze.
highspeed
* keterangan foto ( ISO 800 / F 11 / Speed 1/1000 )
Saya harus menaikan ISO menjadi 800 untuk mendapatkan kecepatan shutter speed 1/1000,meskipun waktu pemotretan jam 3 sore.Demikian pembahasan tentang ISO Speed,semoga bermanfaat…..

Sumber : http://belajarfoto.wahyuproject.com/mempelajari-fungsi-iso-speed/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar