Kamis, 20 November 2014

Belajar Komposisi Fotografi Dasar

 sumber : http://belajarfoto.wahyuproject.com/belajar-komposisi-fotografi-dasar/

Dalam fotografi kita pasti tidak asing dengan istilah komposisi,komposisi bisa di artikan sebagai  proses penggabungan beberapa elemen menjadi satu kesatuan yang utuh. Dalam fotografi komposisi merupakan sebuah proses yang sangat vital karena dari komposisi itulah sebuah foto bisa becerita, dari komposisi pula sebuah foto terlihat indah dan enak dipandang untuk dinikmati.Cara yang mudah untuk membuat komposisi dalam sebuah foto kita perlu memahami Rule of Thirds.
Definisi Rule of Thirds adalah dengan membagi foto menjadi sembilan bagian yang sama dengan dua garis ruang horisontal yang sama serta dua garis ruang vertikal yang sama pula, jadi sekarang kita melihat view finder memiliki 9 persegi kecil dan bukan satu persegi besar.
rule-of-thirds
Empat Garis beserta titik titik pertemuan antara garis tersebut diidentifikasikan merupakan bagian atau tempat dari Point of Interest dan tentunya itu adalah dimana fotografer sebaiknya menempatkan subyek (disepanjang garis atau di titik persimpangan) untuk menciptakan foto-foto yang memiliki keseimbangan.
Berikut beberapa contoh foto dengan komposisi yang sederhana

  
belajar-komposisi








belajar-komposisi-sederhana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar